6 Gurun Ini Menyimpan Keajaiban Alam Yang Tersembunyi

1889 views

6 Gurun Ini Menyimpan Keajaiban Alam Yang Tersembunyi ProfilPemain.com — Pada Postingan kali ini Blog Profil Pemain Akan Coba berbagi Judul Artikel tentunya sesuai Judul yang telah kami share diatas, yang mana info ini semoga bisa bermanfaat buat kamu semua, Adapaun artikel ini Bersumber dari blog sahabat yang bisa kamu temukan sumber artikel di akhir nanti, Silahkan Baca lebih detail dibawah ini.

6 Gurun Ini Menyimpan Keajaiban Alam Yang Tersembunyi
kukulen.com – Di tengah gersangnya gurun pasir tersembunyi ‘permata’ yang menunggu untuk ditemukan. Seperti halnya enam gurun pasir berikut yang menyimpan sepotong keajaiban alam.?
1. Gurun Gobi – Yueyaquan
Gurun Gobi - Yueyaquan
Danau mungil nan cantik ini bernama Danau Yueyaquan. Danau tersebut terletak di tengah-tengah oasis Gurun Gobi, 6 kilometer dari kota Dunhuang di Provinsi Gansu, China bagian barat.
Danau ini mendapatkan namanya dari zaman Dinasti Qing. Yueyaquan berarti bulan sabit. Disebut demikian karena bentuknya memang menyerupai bulan sabit. Danau Yueyaquan dan wilayah sekitarnya merupakan oasis yang terbentuk secara alami. Di dalamnya terdapat hamparan rumput hijau yang cantik dan danau air tawar dengan air yang jernih.
Bukan hanya indah, Danau Yueyaquan juga memiliki nilai sejarah. Oasis yang tersembunyi di tengah gersangnya Gurun Gobi tersebut merupakan tempat beristirahat bagi para pengembara dan pedagang yang melalui Jalur Sutra berabad-abad lalu. Sampai sekarang danau tersebut beserta wilayah gurun di sekitarnya menjadi objek wisata populer bagi para pelancong.
2. Death Valley – Batu berjalan
Death Valley - Batu berjalan
Di tengah luasnya tanah tandus antara Cottonwood dan Last Chance Ranges, tersembunyi fenomena alam tak biasa berupa sailing rock. Batu-batu besar yang berserakan di tempat ini senantiasa berpindah tempat, bergeser dengan sendirinya seolah didorong kekuatan besar yang tak terlihat.
Uniknya lagi, batu-batu tersebut tak pernah bergerak di hadapan manusia. Tanda pergerakan mereka hanya bisa dilihat dari jalur panjang di atas pasir yang mengekor di belakang tiap batu.
3. Gurun Yordania – Pohon Sahabi
Gurun Yordania - Pohon Sahabi
Tumbuhan ini disebut-sebut sahabi, pohon yang diberkati. Karena pohon tersebut berhasil bertahan hidup di tengah ganasnya gurun Yordania selama 1400 tahun. Letaknya di bagian utara padang pasir Yordania. Dalam radius ratusan kilometer, tak ada pohon lain yang hidup, menemani sang sahabi.
Pohon yang ‘kesepian’ ini dipercaya sebagai saksi pertemuan biarawan Kristen bernama Bahira atau Buhaira dengan Nabi Muhammad.
4. Gurun Danakil – Kawah hijau Dallol
Gurun Danakil - Kawah hijau Dallol
Gurun pasir Danokil yang terletak di sebelah timur laut Ethiopia ternyata menyimpan keajaiban alam yang tak banyak diketahui. Di jantung gurun pasir tersebut ada sebuah kawah gunung berapi yang memiliki pemandangan menakjubkan, yaitu Dallol.
Dallol adalah kawah yang terbentuk karena letusan gunung berapi. Lansekap dataran tersebut terdiri dari sumber air panas dengan kandungan asam tinggi, bukit belerang, gundukan garam, dan geyser yang sesekali menyemburkan gas.
Sekilas pandang Dallol tampak seperti danau dengan air hijau yang cantik. Selain itu pemandangan di sekitarnya memang sangat mengagumkan, dengan batu-batu serupa karang berwarna kuning dan oranye cerah. Dilaporkan Kuriositas, warna hijau terang dan kuning menyala di kolam-kolam asam itu disebabkan karena kandungan sulfur, besi, dan mineral yang tinggi, menjadikan area itu sebagai salah satu tempat terpanas di muka bumi.
5. Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo
Tak seperti gurun- gurun yang disebutkan sebelumnya, keunikan Gumuk Pasir Parangkusumo justru terletak pada gurunnya sendiri. Gurun yang berada di Pesisir selatan Yogyakarta memang berukuran lebih kecil daripada gurun pasir Sahara. Tetapi gumuk pasir ini merupakan fenomena alam tak biasa, sebab ia terbentuk di tengah daerah beriklim tropis seperti Indonesia, bukannya daerah kering macam Afrika dan Timur Tengah.
Menurut situs Travel and Tourism of Indonesia, fenomena alam seperti ini hanya ditemui di 4 negara di dunia. Dan di Asia Tenggara sendiri hanya Gumuk Pasir Parangkusumo.
6. Tanah Tujuh Warna Mauritius
Tanah Tujuh Warna Mauritius
Tanah Tujuh Warna adalah suatu formasi geologis sekaligus objek wisata yang bisa ditemui di Chamarel, Distrik Rivire Noire, sebelah barat daya Mauritius. Wilayahnya tersusun dari gumuk pasir sempit saja.
Tetapi yang menjadikan bukit tersebut istimewa adalah pasirnya yang terdiri dari tujuh warna. Jika dilihat secara keseluruhan, bukit ini tampak seperti lukisan bergaya surealisme dengan lapisan warna merah, cokelat, violet, hijau, biru, ungu, dan kuning.
Seperti ditulis Wikipedia, diperkirakan nuansa warna-warni pasir di tempat itu terjadi karena lelehan batu vulkanik yang mendingin pada suhu berbeda-beda. Residu dari proses tersebut adalah mineral dan aluminium. Dua kandungan tersebut yang menjadikan warna merah dan biru-ungu pada pasir di Tanah Tujuh Warna.
Uniknya, kalau Anda mengambil segenggam pasir di bukit ini dan mencampurnya, pasir-pasir tersebut akan memisahkan diri sesuai dengan warnanya, seolah-olah membentuk spektrum warna pelangi. Yang lebih aneh lagi, pasir-pasir di bukit ini tidak pernah mengalami erosi meskipun tertimpa hujan dan angin selama bertahun-tahun.
Itulah enam dari sekian banyak gurun pasir di berbagai belahan bumi yang menyimpan keindahan alam tersembunyi.
source: http://www.merdeka.com/gaya/6-gurun-pasir-yang-menyembunyikan-sepotong-keajaiban-alam.html

Sumber : http://www.kukulen.com/2015/03/6-gurun-ini-menyimpan-keajaiban-alam.html

Demikianlah artikel mengenai 6 Gurun Ini Menyimpan Keajaiban Alam Yang Tersembunyi yang telah Kami berikan untuk sobat sekalian. dan tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada sumber artikel

Sponsored Ad